Langsung ke konten utama

Bandara Mutiara

Bandar Udara Mutiara Palu merupakan salah satu pintu gerbang udara Propinsi Sulawesi Tengah yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan keamanan, kelancaran, serta keselamatan dalam rangka menyelenggarakan operasional penerbangan. Kegiatan operasional di Bandar Udara Mutiara saat ini mencapai 7 kali penerbangan per hari, dengan jenis pesawat yang mendarat yaitu Casa-212, Boeing 737-200 dan MD 82/83/90. Adapun jumlah arus penumpang yang memanfaatkan jasa penerbangan saat ini mencapai ±1000 orang per hari.
Maka saat ini, Bandar udara Mutiara terus berbenah, baik peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui jalur pendidikan up grade, short course dalam bentuk TCC maupun peningkatan seluruh fasilitas pendukung operasional penerbangan. Dengan demikian diharapkan Bandar udara Mutiara mampu memberikan pelayanan jasa dan keselamatan penerbangan dengan optimal.

Peningkatan fasilitas pendukung operasional penerbangan itu diwujudkan dalam beberapa pekerjaan pada tahun 2008 lalu, diantaranya adalah :

• Pelebaran landasan pacu (runway) dari 30m menjadi 45m sekaligus pemindahan fasilitas AFL satu paket akibat pelebaran runway tersebut. Sehingga di harapkan mampu didarati pesawat berbadan lebar.

• Pembuatan Box Culvert tahap I sebagai tahap awal pelaksanaan perpanjangan runway

• Penimbunan ujung R/W 15 sebagai persiapan perpanjangan runway

• Penambahan volume Apron di sisi kanan untuk menjamin ketersediaan parkir pesawat yang luas.

Dan pada tahun 2009 ini adalah :

• Pembuatan Box Culvert tahap II untuk melanjutkan pekerjaan tahap I yang belum rampung

• Perpanjangan Runway dari 2.067m menjadi 2.250m untuk mandukung keselamatan pendaratan pesawat dengan spesifikasi yang lebih besar.

• Pelebaran Air Strip tahap I pada sisi R/W 15 sehingga lebarnya menjadi 300m

• Pengadaan ER (Extended Range) paket sebagai alat bantu telekomunikasi penerbangan

• Pengadaan Genset 500 KVA untuk mendukung kersediaan catu daya listrik dalam mensuplai fasilitas penerbangan.

Dan pada tahun 2010 ini adalah :

• Dengan anggaran bergulir saat ini senilai 50 m, sementara pelaksanaan pembagunan terminal penumpang.

Seiring dengan lajunya pembangunan di propinsi sulawesi tengah, dalam hal ini di sektor perhubungan maka di harapkan Bandar udara Mutiara dapat bersaing dalam peningkatan kualitas pelayanan, keselamatan serta pelayanan jasa penerbangan dimana statusnya saat ini adalah sebagai bandara kelas I, kurang lebih setara dengan bandara International. Namun semua itu tidak terlepas dari dukungan beberapa pihak diantaranya pemerintah daerah dan masyarakat sulawesi tengah untuk bersama- sama berbenah dalam rangka menunjang pembangunan ekonomi dan kemajuan propinsi Sulawesi Tengah, khususnya pada pembangunan dan pengembangan bandara mutiara palu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Calon bupati sigi

Polling Bakal callon Bupati Sigi 2015-2020 bisa ada access ke  http://beritasigi.com/  dan saat ini masih polling tertinggi adalah bapak Nico Salama. dari 18 saingan yang ada. apa hasil polling akan berubah..hanya waktu bisa menjawab..semua itu pilihan dari warga kab. Sigi.

Samsung Siapkan Layar Transparan Canggih pada September Mendatang

Kasus pertikaian hak paten antara Samsung dan Apple yang berujung pada kekalahan Samsung memang memberikan image yang buruk pada Samsung. Tak heran banyak orang yang menyebut perusahaan ini sebagai perusahaan plagiat. Namun, bukan berarti perusahaan ini sama sekali tidak memiliki inovasi. Samsung baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan sebuah produk canggih pada publik dalam acara IFA 2012 di Berlin yang berlangsung mulai pada 31 Agustus. Perangkat canggih tersebut adalah sebuah layar transparan yang mereka sebut NL22B. Dan tentunya Apple tidak akan mengajukan gugatan pelanggaran hak paten terhadap layar ini. Layar ini dilengkapi dengan built in PC, speaker, bar LED serta kaca pelindung. Layar ini pun sangat cocok digunakan untuk para pedagang dalam memamerkan produknya. Samsung mengatakan, layar ini mampu dijadikan sebagai tempat untuk memamerkan sebuah produk dengan waktu yang bersamaan sembari menampilkan video yang diinginkan. Link By: http://www.beri

BlackBerry PlayBook

BlackBerry PlayBook akan tersedia dalam tiga jenis, masing-masing dengan kapasitas 16 GB, 32 GB, dan 64 GB dengan harga 499 dollar AS, 599 dollar AS, dan 699 dollar AS. kata Hastings Singh, Director Distribution for Asia Pacific Research In Motion, di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. Direncanakan, BlackBerry PlayBook tersedia mulai 16 Juli 2011. Ia mengatakan sangat antusias bisa menghadirkan BlackBerry PlayBook di Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari populernya perangkat BlackBerry di Indonesia saat ini. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, kehadirannya juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satunya lewat pengembangan beragam aplikasi lokal. "Saya sangat senang dengan perkembangan developer di Indonesia," tandas Hastings Singh. Bersamaan dengan tersedianya BlackBerry PlayBook, memang sudah ada aplikasi lokal yang siap diakses, antara lain dua aplikasi dari Kompas , masing-masing Kompas Editors' Choice for BlackBe